Manfaat dan Kerugian Dari Meroot Hp Android

Manfaat dan Kerugian Root untuk HP Android

Pengertian Root Android yaitu,pemasukan suatu file ke dalam sistem android ,untuk medapat hak istemewa /hak tak terbatas bagi penggunanya ,ini berarti bahwa Anda dapat mengedit file sistem yang biasanya tidak akan dapat diakses oleh pengguna.
Anda pada dasarnya akan meruntuhkan dinding pembatasan firmware Anda. Hal ini mirip dengan jailbreaking perangkat Apple atau berubah dari user biasa ke administrator pada mesin OS Windows.
Untuk penjelasan lebih rinci, juga tentang semua istilah rooting, lihat panduan rooting kami yang luas. Karena banyak sekali yang bertanya serta memiliki berbagai macam masalah root yang membuat stuck pengguna.
Apakah rooting membatalkan garansi?
Dengan melakukan proses rooting itu berarti membatalkan, menghilangkan, atau menghapus garansi. Itu fakta. Hal yang sama dengan jailbreaking perangkat Apple. Tapi untungnya, itu tidak sulit untuk melakukan "un-root" perangkat dan flash ROM saham atau produsen disediakan ROM ke ponsel pada situs resmi pabrikan. Setelah melakukan hal itu, perangkat Anda tidak akan menunjukkan tanda-tanda bahwa itu digunakan untuk status root, sehingga membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan klaim garansi kembali.
Manfaat rooting ponsel Android atau tablet
Kegunaan Root di Android. Memiliki hak admin membuka banyak kemungkinan baru untuk menyesuaikan perangkat Anda dan meningkatkan pengalaman memainkan hp Anda. Daftar berikut mencakup keuntungan utama memiliki perangkat root.

1. Mendapatkan Hak Akses SuperUser

manfaat super user
Ya, Sebagai pemilik Smartphone kita tidak ingin penjelajahan kita pada Handphone terhenti karena Hak Akses dibatasi, dengan melakukan Root kita dapat leluasa melakukan utak-atik pada HP.

Lihat Juga : Cara Main Game Hd di Android Tidak Lag

2. Dapat Meningkatkan Performance dan Kinerja Ponsel

meningkatkan kecepatan android

Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah saya buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada HP, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada HP anda.

3. Hak untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD
Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi “Failure/Failed”. Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD atau Mount2SD.

4. Lebih Mengatahui Inti Sistem Android
Ya, Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh handphone itu sendiri.

5. Membuat backup lengkap di perangkat Anda
Salah satu Fungsi Root di Android lainnya adalah anda dapat dengan mudah mengelola semua data pribadi dan penting anda. Kamu bisa menyimpan file-file seperti musik, video, data kontak, setting dan pengaturan, aplikasi yang terinstall, dll ke dalam sd card eksternal atau ke pc komputer. Cukup dengan menginstall Samsung Kies serta menyambungkan perangkat handphone ke komputer, anda dapat dengan mudah, lengkap, dan cepat memindahkan data istimewa. Kita akan mulai dengan pertanyaan amat dasar -- apakah root Android?
Root Android artinya mendapatkan hak privilege administratif (atau akses root jika anda pengguna Linux) pada sistem Android anda. Ketika anda membeli sebuah smartphone atau tablet berbasis Android, maka status anda tidak lebih hanyalah seorang tamu. Anda bisa gunakan ponsel anda, hanya sebatas sebagai tamu, namun anda tidak dapat membuat perubahan apapun pada file system Android anda.
Namun stelah Android anda di root, maka anda bisa berselanca kemana-mana, browser ke root folder Android anda dan membuat perubahan apapun di file system dari ponsel milik anda. Artinya mampu merubah dan menginstall aplikasi yang jauh lebih keren dan berguna yang tidak mungkin anda dapati di aplikasi non-rooted.

6.Membuka fitur tersembunyi dan install aplikasi yang tidak cocok dengan sistem anda
Terkadang, meski Android sekalipun tidak cukup untuk memberimu fitur yang kamu inginkan. Bisa jadi ada aplikasi yang di block oleh carrier, atau memang tidak (belum) tersedia.
Untungnya dengan root dapat membantu anda atasi masalah itu, anda dapat install aplikasi carrier-blocked, mendapatkan fitur-fitur dari versi Android teranya, membuat aplikasi yang tadinya incompatible menjadi compatible, memberi kekuataan tambahan pada hardware, mendapatkan fitur seperti Beats Audio dari ponsel lainnya, atau menyamakan fitur ekslusif seperti Moto X. Apapun yang anda inginkan, rooting pasti akan memberimu banyak.

7. Blockir iklan
memblokir iklan

Sepenuhnya kita memahami keberadaan iklan, itulah cara mereka mendapatkan uang. Namun ada kalanya keberadaan iklan memberi masalah dan menggunakan data internet jika tampil. Jika anda ingin memblokir iklan yang tampil di sejumlah aplikasi, atau di sejumlah perangkat, maka nge-root merupakan cara terbaik untuk itu. AdFree, AdBlock Plus dan AdAway merupakan pilihan-pilihan bagus. Tentu saja, jikalau kamu tidak root Androidmu, maka bisa gunakan mode AirPlane!

8. Menghapus software bloatware
Titanium Backup adalah cara bagus dan memberi lebih dibanding backup. Ia juga dapat meng-uninstall sederet software mengganggu, penguras baterai, pemakan space yang hadir secara pre-installed di sejumlah ponsel dewasa ini dan sayangnya kemampuan ini hanya tersedia di perangkat Android yang teroot. Sedikit tips, lakukan freeze pada ponsel untuk pastikan ia dapat beroperasi secara normal tanpa software-software itu, kemudian hapus mereka seluruhnya untuk membebaskan sejumlah space.

9. . Install custom ROM agar selalu update dengan versi Android terbaru
Pasti kamu telah mengetahui soalan ini -- namun salah satu keuntungan terbaik dari rooting...adalah ini. Sebuah custom ROM pada dasarnya merupakan versi custom dari Android, dan ia sepenuhnya merubah bagaimana kamu menggunakan ponselmu. Karena di sini, kamu tidak hanya dapatkan stock ROM Android terbaru, juga sejumlah optimasi, fitur dan aplikasi yang tentunya bermanfaat di sematkan oleh pengembang custom ROM.

10. Install custom Kernel
Sejumlah Android tweak paling keren mengharuskan anda telah install sebuah custom kernel, yang hanya dapat anda install pada sebuah perangkat root. Kernel bertanggung jawab membantu aplikasi anda berkomunikasi dengan hardware ponsel, yang artinya sebuah custom kernel dapat memberimu performa lebih baik, awet baterai, dan fitur ekstra seperti Wifi tethering (untuk ponsel tidak di support), ngecaz baterai lebih cepa, dan banyak lagi.


Kekurang atau efek negatif dari root Android.
Jika anda sudah fahami manfaat dari root Android, ada baiknya anda juga ketahui efek negatif dari root Android anda.
1. Garansi yang ada dapat hilang.
Jika Android Anda sudah di root, maka garansi yang ada di smartphone Android akan hilang. Hal ini berlaku hampir pada semua vendor-vendor smarpthone Android, jika Android Anda ketahuan sudah di root, maka jika terjadi kerusakan / kegagalan sistem, maka vendor / distributor tidak akan mau menerima garansi yang sebenarnya masih berlaku. Memang hal inilah yang paling ditakutkan jika dilakukan root, dan inilah alasan kenapa secara umum smartphone Android Anda tidak disediakan fasilitas root. Jika tersedia fasilitas root, maka kemungkinan kerusakan pada sistem akan semakin meningkat(yang umumnya disebabkan karena ketidak hati-hatian). Sebenarnya ada cara untuk mencegah hilangnya garansi yang telah di – root, yaitu dengan membackup semua aplikasi bawaan vendor kemudian me – unroot android Anda setelah semua aplikasi bawaan telah dikembalikan (di backup) ke smartphone Anda.

2. Ponsel berperilaku tidak normal.
Memang mengkonfigurasi hardware android secara manual dapat meningkatkan kinerja dari Android Anda secara maksimal, tapi itu jika dilakukan secara benar! jika tidak, maka Android Anda akan sering mengalami gangguan, diantaranya: ponsel sering mati dan reboot ulang sendiri, sering ‘hang’ di saat menjalankan aplikasi tertentu, kinerja hardware malah semakin buruk, dan yang paling parah adalah terjadinya bootloop, yaitu sistem Android Anda tidak mau di boot! Jika ponsel Anda tidak mau boot atau mulai berperilaku tidak normal, cara terbaik menanganinya adalah melakukan flashing pada Android Anda. Untuk flashing Android, mungkin caranya berbeda pada perangkat yang satu dengan perangkat yang lain. Anda dapat mencari bagaimana mempersiapakan dan melakukan flashing pada smarphone Anda di Google atau forum-forum tertentu seperti di kaskus.

3. Overheating pada ponsel.
Rooting memang dapat membuat ponsel Anda bekerja lebih cepat dari biasanya. Namun, kekurangannya jika Anda membuat ponsel Anda memacu seluruh kemampuan hardware-nya untuk bekerja secara maksimal adalah terjadinya overheating(panas yang berlebih pada ponsel Anda).
Sebenarnya melakukan rooting pada Android tidak menimbulkan efek negatif yang besar pada ponsel Anda. Asalkan Anda berhati-hati saja, maka root akan memberikan keuntungan yang lebih dari kerugiannya. Kerugian paling besar dari rooting mungkin adalah Anda akan kesulitan dalam melakukan recovery pada file-file yang telah dihapus di memori internal ponsel. Dan itupun sangat jarang dilakukan oleh pengguna Android(menyimpan file-file penting di memori internal). Sekian dulu dari Saya, mungkin tulisan ini akan di-update beberapa kali, karena informasi baru dari dampak rooting akan terus bermunculan seiring dengan perkembangan ponsel Android
Saya Sarankan untuk root HP anda karena kerugian dari root android sangat kecil kemungkinanya ,Semoga artikel tentang Manfaat dan Kerugian Root untuk HP Android dapat bermanfaat


0 komentar:

Posting Komentar